Oleh: manto | 20 Maret 2010

Benarkah Pesona Netbook Mulai Pudar

nrtbook
Benarkah konsumen netbook kini mulai beralih ke PC tipe baru? Itulah kemungkinan terbaru yang bakal terjadi dimasa depan. Konsumen mulai menikmati PC terbaru karena harganya yang lebih murah  dan konsumen juga lebih mengutamakan fungsi daripada fitur. Produsen PC juga mulai inovatif.
Bisa jadi pada tahun lalu (2008 dan 2009),netbook menjadi pendorong utama pertumbuhan volume penjualan PC (personal computer) global. Dalam dua tahun tersebut, konsumen berlomba membeli netbook karena netbook merupakan platform PC yang berharga paling terjangkau. Namun, kejayaan netbook diperkirakan mulai pudar pada 2010. Firma riset Gartner Inc mengungkapkan, pertumbuhan volume penjualan netbook pada 2010 akan melemah akibat kehadiran PC tablet seperti iPad dari Apple Inc. “Netbook memang akankembali mendorong pertumbuhan volume penjualan PC global pada 2010.
Namun, kontribusi netbook mulai mengecil akibat persaingan dengan PC tablet,” ujar Research Director Gartner Inc George Shiffler. Gartner menjelaskan, PC tablet seperti iPad akan sangat populer karena konsumen pada saat ini lebih mengutamakan fungsi daripada fitur.Dengan iPad,pengguna memang bisa mengakses beragam fungsi komputasi kendati tenaga komputasi iPad sangat terbatas. “Produsen tidak bisa lagi menawarkan fitur komputasi tradisional seperti sistem operasi multifungsi ataupun prosesor berkecepatan tinggi. iPad hanya salah satu dari berbagai produk yang akan mengubah total ekosistem industri PC,” tutur Principal Analyst Gartner Inc Ranjit Atwal. Berkat berbagai kemudahan fungsi komputasi yang ditawarkan PC tablet seperti iPad,Gartner menegaskan, konsumen akan berlomba membeli PC tablet.Gartner pun memprediksi, volume penjualan PC tablet global pada 2010 akan mencapai 10,5 juta unit.
Gartner menambahkan, volume penjualan PC global secara umum pada 2010 akan mencapai 366,1 juta unit,alias naik 19,7% dari 305,8 juta unit pada 2009.Berdasarkan perkiraan Gartner, PC portable seperti notebook,netbook, dan tablet mewakili sebagian besar dari penjualan tersebut. “Kami memperkirakan, PC portable akan menyumbangkan sekitar 90% pertumbuhan volume penjualan PC global dalam tiga tahun mendatang.Pada 2009,PC portable mewakili 55% total penjualan PC. Pada 2012, pangsa pasar global PC portable akan semakin meningkat menjadi 70%,”sebut Shiffler. Prediksi Gartner tentang netbook diperkuat pendapatan firma riset yang lain. International Data Corp (IDC) menemukan, konsumen membeli netbookkarena tidak mampu membeli notebook.
Jika punya anggaran belanja lebih besar, IDC mengungkapkan, maka konsumen sesungguhnya lebih suka membeli notebook. “Sebanyak 60% responden survei ini mengaku lebih suka membeli notebook,” ujar Senior Manager Asia Pacific Personal Systems Research IDC Reuben Tan. Temuan IDC ini diperkuat analisis yang dilakukan firma riset iSuppli Corp. iSuppli menilai, pertumbuhan pesat penjualan netbooktidak akan bertahan dalam waktu lama. Sebab, iSuppli mengungkapkan, konsumen tidak membeli netbookkarena menyukai platform tersebut,tetapi karena terpaksa.
“Orang tidak membeli netbook karena menginginkan platform itu.Namun,karena netbook adalah platform PC yang berharga paling terjangkau dan memiliki mobilitas,” kata Principal Analyst Compute Platform iSuppli Corp Matthew Wilkins.
Ketika perekonomian membaik dan konsumen memiliki lebih banyak anggaran belanja ekstra, Wilkins menegaskan,maka konsumen akan kembali notebookkarena notebook memiliki fungsi komputasi dan hiburan lebih banyak daripada netbook. iSuppli mencatat, penjualan netbook global pada 2008 bertumbuh dengan angka mencengangkan sebesar 2.424%. Pada 2009, iSuppli mengungkapkan, angka pertumbuhan itu turun menjadi 68,5%, pada 2010 menjadi 39,6%, dan pada 2013 akan terus turun menjadi 13,1%. iSuppli menjelaskan, pada 2008 volume penjualan netbook global mencapai 13,2 juta unit.
Pada 2009, penjualan global produk tersebut mencapai 22,2 juta unit dan pada 2010 angka itu diprediksi mencapai 31,0 juta unit. Terpisah, IDC menambahkan pula,pemulihan kondisi perekonomian global pada 2010 akan mendorong naik volume penjualan PC global. IDC memperkirakan, volume penjualan PC global pada 2010 akan meningkat 12,6% menjadi 333,2 jutaunit, dari296,0jutaunitpa da2009.
Pertumbuhan 2010 tersebut kontras dengan pertumbuhan 2009, di mana volume penjualan PC global hanya meningkat 2,9%. IDC mempercayai, pertumbuhan berdigit ganda pada 2010 akan berlanjut hingga 2014. Alhasil, IDC menegaskan, volume penjualan PC global pada 2014 akan mencapai 531,3 juta unit.
“Volume penjualan PC global akan meningkat hingga beberapa tahun mendatang karena PC menjadi produk yang harus dimiliki oleh setiap orang.Konsumen pun tidak lagi ragu membeli PC baru karena kondisi perekonomian sudah membaik dan harga PC pun terus turun, sehingga menjadi lebih terjangkau,” papar Research Analyst Worldwide Quarterly PC Tracker IDC Jay Chou.
Karena harga PC menjadi semakin terjangkau, Program Vice President Clients and Displays Research IDC Bob O’Donnell menambahkan, konsumen pun menjadi semakin berani pula bereksperimen dengan PC-PC tipe baru,termasuk PC tablet dan PC desktop berkonfigurasi all-in-one. “Karena itu, para produsen harus memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan diferensiasi, dengan menyajikan pengalaman komputasi yang berbeda daripada pengalaman komputasi yang sudah diketahui konsumen,” tegas O’Donnell. IDC mempercayai, PC yang menjadi idola konsumen pada 2010 adalah notebooktipe ultra-thin,yang tipis dan ringan,namun bertenaga besar dan hemat energi.

Produk tersebut akan menjadi idola karena ideal untuk menunjang produktivitas pengguna di luar rumah. Pada saat yang sama,konsumen pun akan menyerbu PC desktop tipe all-in-one karena PC-PC tersebut ideal untuk menyajikan hiburan digital di rumah, berkat layarnya yang besar serta dimensinya yang ramping sehingga hemat ruang. Sementara, di pasar PC tablet,IDC menambahkan, pada 2010 iPad akan menghadapi persaingan sengit dari PC-PC tablet produksi Hewlett- Packard (HP) Co dan Lenovo Group Ltd, yang menggunakan sistem operasi Windows dari Microsoft Corp.

Sumber: Ahmad Fauzi dari Seputar Indonesia


Kategori

%d blogger menyukai ini: