Oleh: manto | 1 November 2009

Linux OS Handal

Linux adalah sebuah Operating System (OS) turunan dari UNIX, yang merupakan implementasi independen dari standard IEEE untuk OS yang bernama POSIX (Portable Operating System Interface). OS adalah perangkat lunak (software) yang mengatur koordinasi kerja antar semua perlengkapan perangkat keras (hardware) dalam sebuah komputer. Linux memiliki kemampuan yang berbasis ke standard POSIX meliputi true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser. Linux seperti layaknya OS UNIX lainnya, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Window, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.
Mengapa Memakai Linux??
Hal pertama membuat orang banyak memakai OS Linux ini adalah masalah Lisence. Linux adalah Operating System yang Free Lisence, artinya boleh mengkopy, merubah, dan mendistribusikannya.
Secara spesifik ada 4 hal kebebasannya:
1. Bebas menjalankan program.
2. Bebas mempelajari dan mengaadaptasi sesuai kebutuhan.
3. Bebas mendistribusikan ulang.
4. Bebas meningkatkan dan mempublikasikannya.
Sejarah Linux
Walaupun Linux bukanlah sistem UNIX yang resmi, Linux mempunyai dasar warisan, budaya, arsitektur dan pengalaman operating system unix selama 28 tahun lebih. Sejak munculnya Linux source code pertama kalinya (1991) kernel linux telah di review dan di sempurnakan oleh seluruh programmer di dunia.
Linux mempunyai kernel (inti) operating system yang berbeda dengan Windows dan OS lainnya, sorce codenya dapat dilihat oleh semua orang. hal ini yang membuat programmer-programmer di seluruh dunia meneliti dan menyempurnakan guna untuk menjadi OS yang handal


Kategori