Oleh: manto | 30 Oktober 2009

Microsoft Office 2010

Office2010

Microsoft kembali akan menghadirkan aplikasi perkantoran modern bernama Microsoft Office 2010 yang canggih dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya. Pada seri Office terbarunya ini Microsoft menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan baru yang tidak dimiliki oleh keluarga Office versi sebelumnya, mulai dari tampilan, ikon, menu, ribon, dan sebagainya. Pokoknya aplikasi yang saat ini masih dipersiapkan tersebut akan mengguncang pemakai aplikasi perkantoran di masa yang akan datang.

Seperti pada versi sebelumnya, Microsoft Office 2010 datang tidak sendirian, di dalamnya dibundel Microsoft Word 2010, Microsoft Excel 2010, Microsoft PowerPoint 2010, Microsoft Access 2010, Microsoft Publisher 2010, Officedan lain-lain. Di bagian pertama ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai proses instalasi dan penekanan pada fasilitas baru yang bernama Ribbon.

Persyaratan System

Microsoft Office 2010 bisa digunakan dengan baik pada sistem operasi Microsoft Windows XP dan Windows Vista. Jadi untuk menjalankan Office 2010 Anda harus mengikuti persyaratan sistematau requirement kedua sistem operasi tersebut. Namun apabila Anda masih menggunakan sistem operasi Windows 2000 atau di bawahnya sebaiknya urungkan niat Anda untuk menginstalasi Microsoft Office 2010, karena Anda akan kecewa dan aplikasi canggih ini tidak akan bisa digunakan. Sebagai gambaran berikut ini saya tampilkan spesifikasi sistem yang diperlukan Microsoft Office 2010.

Component Requirement

Operating system Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2 or later, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows 7 (or higher) required. Computer and processor 500 megahertz (MHz) processor or higher; 256 megabyte (MB) RAM or higher; DVD drive; 1 gigahertz (GHz) and 512 MB of RAM or higher is required to run Microsoft Office Outlook 2010 with Business Contact Manager, Hard disk 2 gigabyte (GB) necessary for install; a portion of this disk space will be freed after installation if the original download package is removed from the hard drive, Monitor resolution Minimum 800×600; 1024×768 or higher recommended, Internet connection Broadband connection, 128 kilobits per second (Kbps) or greater, for download and activation of products, Additional components Microsoft Internet Explorer 6.0 with service packs, Microsoft Exchange Server 2000 or later required for Outlook 2010 users. To install Outlook 2010 with Business Contact Manager, you will need to first install Outlook 2010

Proses Instalasi

Proses instalasi Microsoft Office 2010 sangat mudah, yang pertama harus Anda lakukan adalah memasukkan master Microsoft Office 2010 dalam format DVD, setelah itu biarkan komputer bekerja sampai menampilkan pilihan untuk melakukan instalasi.

Proses instalasi ini tidak sulit, karena Anda akan dibimbing selebihnya Anda tinggal menekan tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi. Jadi dalam hal ini pekerjaan instalasi bukan merupakan sesuatu yang sulit karena bisa dikerjakan oleh siapa saja serta tidak memerlukan keahlian khusus.

Setelah proses instalasi selesai dilaksanakan, selanjutnya coba Anda jalankan salah satu aplikasi yang ada, misalnya Microsoft Word 2010, Microsoft Excel 2010 atau Microsoft PowerPoint 2010. Setelah menjalankan salah satu aplikasi tersebut komputer aplikasi yang dijalankan akan menampilkan pernyataan untuk menjalankan semua aplikasi yang ada di keluarga Microsoft Office 2010 harus diaktivasi atau diregister ke situnya Microsoft. Tanpa proses aktivasi aplikasi atau program Anda tidak bisa digunakan selamanya karena ada batas waktu untuk melakukan aktivasi tersebut. Untuk itu setelah proses instalasi selesai dilaksanakan secepatnya Anda mengaktivasi Microsoft Office 2010 tersebut.

Salah satu perbedaan yang sangat berarti adalah dengan adanya Ribbon yang lebih canggih dengan menu tipis yang cukup menawan. Sejak Microsoft 2007, sudah meninggalkan pilihan menu, begitu juga dengan Office 2010.
Ribbon yang ada di Office 2010 merupakan fasilitas canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi manapun untuk saat ini. Dengan menu Ribbon ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan berbagai menu dan sub menu yang ada dalam suatu aplikasi.

Ribbon adalah suatu cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar. Dengan fasilitas ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis teks karena menu-menu dikelompokkan pada toolbar berupa ikon-ikon cantik dan canggih.

Kelebihan menu Ribbon ini adalah bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan. Selain itu fasilitas Ribbon ini bisa ditampilkan atau disembunyikan sesuai selera dengan menekan atau mengklik dua kali di tab menu mana saja untuk menyembunyikanya. Begitu juga untuk menampilkan kembali menu-menu tersebut klik dua kali di salah satu menu untuk menampilkan kembali ikon-ikon yang ada. Selain dengan mengklik menu pemakai bisa juga dengan menekan tombol CTRL dan F1 secara bersamaan.


Kategori