Oleh: manto | 30 Oktober 2009

5 Cara Efektif Merapikan Diri Anda

Setiap orang memiliki kesibukan sehari-hari, bahkan ada yang tidak sempat makan dan istirahat. Jika Anda bisa bertanya pada diri sendiri : “Sesibuk Apa sih Anda, sampai makan kok ga sempet?”

Sebenarnya kita tidak menyadari, bagi yang terjun dalam dunia bisnis internet, terkadang mereka terlalu asyiknya bekerja online. Bahkan sampai mandi malam pun tidak sempat!

Contoh Hasil dampak negatif nya dalam kehidupan sehari-hari

Ruangan Anda akan semakin menumpuk dengan kertas-kertas tugas rutin, debu-debu PC atau Meja Anda bertambah banyak. Dampak terburuk adalah pengaruhnya pada diri Anda sendiri. Anda akan merasa dikejar-kejar oleh banyak beban dan kerjaan dengan melihat kertas-kertas yang menumpuk diatas meja.

Luangkanlah Waktu Anda setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengatur diri Anda sendiri!

Bukankah menyenangkan apabila Anda kerja dalam keadaan rapi? dalam arti kata semua terorganisasi dan terencana dengan baik. Terkadang suatu hal-hal yang kecil, jika dianggap remeh akan berdampak buruk terhadap diri Anda.

Ada 5 Cara Efektif untuk merapikan Diri Anda:

#1 Jagalah Meja Kerja Anda tetap Bersih

Jika Anda memiliki banyak pernak-pernik yang memang Anda rasa masih butuh, maka usahakan bagaimanapun agar meja Anda tetap kosong dengan cara mengumpulkan keseluruhan pernak-pernik Anda kedalam jarak yang teratur.

#2 Jangan tumpuk pekerjaan Anda (sistem kebut semalam)

Fokus adalah kuncinya, fokus kepada tugas yang lebih prioritas dan selesaikanlah terlebih dahulu. Jika pada suatu saat Anda bosan dengan pekerjaan prioritas tersebut, maka beralihlah ke pekerjaan yang lebih ringan dan membutuhkan waktu yang tidak lama menyelesaikannya. Kemudian istirahat sebentar (15 menit) dan lanjutkan kembali tugas prioritas Anda.

Set Target sangat penting untuk diperhatikan, tanpa target yang akan dicapai maka yang paling sering dilakukan oleh orang yang tidak punya target adalah dengan menunda-nunda pekerjaan yang dilakukan.

#3 Hidup Teratur

Apakah Anda makan 3 kali sehari? Apakah jam makan Anda teratur setiap harinya? Apakah Anda suka bergadang tidur kemaleman mengejar deadline? Apakah Anda suka telat bangun pagi?

Terkadang hal-hal tersebut mempengaruhi pola pemikiran kita dan disiplin diri. Sukses dalam bisnis sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan diri. Hal itu didapat dari kebiasaan hidup kita sehari-hari.

#4 Tentukan Tujuan Anda

Arah tindakan Anda sehari-hari dipengaruhi oleh tujuan yang sudah Anda simpan kedalam pikiran Anda. Terkadang jika pikiran kita kacau, maka otomatis kita akan selalu berlari-lari dari tujuan awal dan ke tujuan berikutnya dan tidak mencapai apapun juga pada akhirnya. Berarti Anda pada saat itu belum memiliki tujuan hidup yang pasti!

Jika kita sudah menentukan tujuan kita untuk Membangun diri yang Sukses (contoh) maka selesaikanlah akhir tujuan Anda! Jangan setengah-setengah!

Jika tujuan Anda sudah tercapai, barulah Anda memulai tujuan baru lagi. Hal ini juga bertujuan membantu Anda agar tetap persisten dan menjaga komitmen Anda dalam melakukan sesuatu hal.

#5 Take Action!

Jika cuma ngomong doank.. percuma! Jadi apa yang akan Anda kerjakan, ya.. dikerjakan. Jika Anda berpikir bahwa yang akan Anda kerjakan itu adalah benar. Maka segeralah Take Action!

5 cara diatas adalah cara paling singkat dan paling berarti buat saya sendiri. Karena intinya adalah Melatih Kita agar Membuat Kebiasaan Merapikan Diri Kita Sendiri.

Semoga Bermanfaat!


Kategori