Oleh: manto | 4 Maret 2009

Tips & Trik Ponsel Musik Terbaik, Bagaimana Memilihnya?

Tips & Trik Ponsel Musik Terbaik, Bagaimana Memilihnya?


musik dalam berbagai bentuknya sudah menjadi bagian integral dari hidup kita. bahkan, suatu riset dunia menunjukkan fakta sekitar 75 persen manusia, tanpa memperhatikan gender, tak bisa lepas dari musik dalam kehidupan sehari-harinya.

angka tersebut melebihi kegiatan funatau hiburan lain seperti menonton tv, membaca buku, bermain game, dan lain-lainnya. produsen ponsel secara jeli memanfaatkan peluang ini dengan mengintegrasikan perangkat pemutar musik digital mp3 ke dalam ponsel, suatu breakthrough luar biasa yang saat ini sudah menjadi standar ponsel di berbagai kelas harga. namun, dihadapkan pada sekian banyak pilihan ponsel musik, konsumen juga menjadi bingung.

mana ponsel musik yang paling baik? apa saja kriteria ponsel musik yang baik itu jika semuanya bisa dibuat untuk memutar file musik? ada tiga hal yang membuat suatu ponsel itu bisa dikatakan sebagai ponsel musik yang baik.pertama ponsel tersebut bisa dengan mudah memainkan musik. kedua ponsel tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk berbagi musik. ketiga, dengan ponsel tersebut konsumen dapat dengan mudah mendapatkan musik atau koleksi lagu baru.

kemudahan memainkan musik bukan saja dilihat dari media player yang memiliki user interface (antarmuka pengguna) dengan desain dengan baik, intuitif dan mudah digunakan. akses ke media player ini pun harus mudah. ponsel itu baiknya dilengkapi dengan tombol khusus yang bisa membawa konsumen langsung ke media player tersebut, tanpa masuk ke menu lainnya. ponsel tersebut juga harus dapat memainkan banyak format file musik.

bukan saja mp3 yang memang masih lazim dipakai agar koleksi musik yang sudah dimiliki tidak perlu lagi dikonversikan ke file tertentu sehingga dapat dimainkan di ponsel itu. jenis codec file musik yang lazim digunakan lainnya misalnya aac, eaac, dan eaac+. kapasitas penyimpanan juga haruslah jadi perhatian khusus karena ukuran file musik biasanya cukup besar dan menyita ruang memori. karena itu ukuran memori ponsel musik sebaiknya tidak kurang dari 256mb dan bisa di-upgrade ke memori yang lebih besar.

umur baterai juga jadi faktor penting. ponsel tetap harus dapat digunakan untuk berkomunikasi, setelah dipakai memutar musik. kapasitas dan kualitas baterai haruslah baik dan didukung dengan power management software (perangkat lunak pengatur daya) yang andal. idealnya, waktu bicara atau aktif tidak kurang dari 7-8 jam dan waktu standby tidak kurang dari 250 jam. konektivitas di ponsel akan membantu dalam kemudahan berbagi file.

bentuk konektivitas ini bisa berupa kabel data untuk berhubungan dengan komputer atau laptop dan konektivitas nirkabel, seperti infra red, bluetooth, atau bahkan akses ke email dan internet. mendengarkan musik juga bertambah asyik jika dilakukan beramai-ramai sehingga perangkat keras speaker yang terpasang juga harus cukup lantang dan berkualitas baik.

mengunduh file musik sekarang sudah menjadi hal yang lazim. ini harusnya bisa dilakukan dengan gampang pula lewat aplikasi yang sudah tertanam dalam ponsel. produsen kelas dunia biasanya sudah menyediakan toko musik online yang memungkinkan proses download mudah, terintegrasi dengan ponsel, dan berharga terjangkau. konsumen harus pula melihat apa lagi yang ditawarkan produsen di luar produk ponsel sehingga pengalaman menggunakan ponsel itu menjadi lebih kaya, lebih menarik, di samping sebagai alat telekomunikasi yang bisa diandalkan.

ketersediaan aksesori yang bermutu, seperti speaker dan headset bermutu, juga menjadi pertimbangan. aplikasi musik yang unik, seperti trackid (kemampuan software untuk mengenali judul lagu) atau shake control (aplikasi pengontrolan musik dengan sensor gerak) yang ada di ponsel-ponsel sony ericsson, akan membantu pula dalam menciptakan pengalaman yang lebih positif waktu menggunakan ponsel tersebut. terakhir dan tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh konsumen adalah layanan purnajual dari produsen tersebut.

akses ke pusat servis di seluruh indonesia, jumlahnya, dan lokasinya haruslah baik dan dengan waktu servis yang singkat. pilihan ponsel musik memang makin lama makin banyak, dari merek terkenal hingga merek yang belum pernah terdengar namanya. tetapi memilih ponsel yang terbaik dan bisa dinikmati secara maksimal, perlu ketelitian dan kejelian. selamat menikmati musik di ponsel!


Kategori