Oleh: manto | 3 Maret 2009

Telpon pake VOIP

Telpon pake VOIP sesama pengguna speedy, gratis Man

Nyobain skypeTM, ternyata luar biasa. Awalnya aku cuman sekedar tau klo skype itu software buat voip. Aku pikir harus bayar, ternyata setelah aku dikasih tau temenku Agil ternyata ada account freenya, seperti halnya TM.

Dengan dasar info dari temenku itu, aku jadi penasaran dan langsung aja, ke mbah google, ngetik “skype”. Sama mbah google dikasih URL ini, http://www.skype.com. Nah g pake pikir panjang, aku download programnya. Sambil nunggu aku sambil baca dikit2 keterangan yang ada di situs itu.

Nah “Download Complete”, aku langsung buka destination folder n doubleklik file SkypeSetup.exe

Trus aku cobain deh, nah beberapa menit kemudian Si Agil Online di Skype, sesuai janji kita siang tadi, buat online di skype. Trus keluar pop up di Skype Incomming call, trus aku accept. Awalnya sempet bingung, soalnya aku headset g ada. Beranjaklah aku segera nyari headset, bongkar2 gudang, kardus2, eh nemu, meskipun dengan kondisi yang cukup parah headsetnya, aku tancepin ke Line Out n Mic In di Soundcardku.

Wow….. Luar biasa…

Beneran kata si Agil… Kualitas suaranya bagus banget, bahkan melebihi telpon rumah (PSTN) , mana gratis lagi. (voip antara sesama pengguna speedy) Lebih baik dari YM, ato Google Talk.

Siang tadi aku sempet baca artikel2 tentang VOIP, ternyata bener. Terbukti… Rasa penasaranku terjawab. Jadi pengen neeh ngembangin teknologi ini. 

Alasan Voip lebih jernih dari YM Voice Chat n Google Talk, bisa jadi karena dia pake protokol yang berbeda dengan http. Dia g pake TCP/IP tapi pake UDP yang ebih universal.

Ama Voip Skype juga bisa video chat, text chat, bahkan bisa buat telp ke PSTN (kecuali indonesia) soalnya di indonesia kabarnya mengkomunikasikan ke jaringan telkom dianggap melanggar hukum klo dibuat telp ke PSTN Indonesia (belum tau pasti sih aku…  ) Yang dibolehin klo PSTN nelpon ke jaringan VOIP. Ih curang juga ya…  

Buruan deh cobain skypeTM ini… dijamin g nyesel… Aku masih belum nemuin kelemahannya dibanding YM n Google Talk. Bahkan berdasarkan artikel yang aku baca tadi siang, ini bisa buat telp untuk antar kantor dalam satu jaringan/ gedung tanpa menggunakan jaringan telkom sama sekali.

SMSan dan Telepon pake YM!?

Di sini gw mau sedikit ngasi tau (buat yang blm tau), kalo ternyata, pake YM (baca : Yahoo Messenger) bisa loh kirim SMS.. Oh ya, bisa jg ber VoIP. Eh VoIP apaan ya? VoIP itu, singkatan dari (kalo ga salah) Voice over Internet Protocol. Yaitu teknologi untuk mengirim suara melalui internet menggunakan internet protokol (yah kurang lebih gitu deh, hehe).

Ok, lanjut yap,  karna ternyata masi ada beberapa temen kita yang belum bgitu tau kalo pake YM tuh bisa dipake buat kirim SMS, makanya gw buat tulisan ini. Jadi ternyata kita bisa SMS ke HP temen kita pake YM, gratis pula (senangnya..). Nah, gmn caranya? OK, gini, pertama ketik no hp yang dituju disini nih:

 

 

 

 

 

Abis itu, pilih Send SMS.

Nah, nanti muncul jendela kaya jendela untuk chat lewat YM, cuma bedanya tujuannya adalah no hp, bukan Y!Id.

Oh iya, tapi ga semua hp bisa kita hubungin. (Jadi HP merek apa?!) bukan merek apa sih, tapi provider apa. Kita cuma bisa sms ke (setau gw sih) provider GSM aja, kecuali Indosat.  Ini mungkin karna pihak Indosat menolak kerjasama ama Yahoo Inc. Entah apa alasannya, tapi yang jelas teknologi SMS pake YM ga bisa ke provider yang satu ini. Masi belum jelas? klik disni.

Ok, skarang udah bisa sms pake YM, skarang gmn caranya VoIP pake YM? ini cuma bisa kalo kita pake YM yang udah difasilitasi ama Voice Messenge, kalo ga salah sih itu mulai dari YM versi 7 keatas. Tapi kalo mau aman sih, download aja versi terakhirnya disini. Nah, kalo udah ada fasilitasnya, gmn cara pakenya!?

Pertama klik temen yang mau kita ajak ngobrol, sehingga muncul jendela chat kaya gini :

nah udah itu,  klik ditombol yang diberi tanda itu untuk memanggil komputer temen kita.  Udah itu, tunggu di’angkat’ deh, dan kita tinggal mengobrol.

Oh iya, selain itu, pake YM bisa juga telp ke hp ato telp rumah, tapi ga gratis. Tentang VoIP ini, bisa dibaca lebih jelas disini, dan disini. Oh ya, tentang VoIP ini juga, ada yang menyangkal namanya VoIP, katanya harusnya namanya VoIM (Voice over Internet Messenger). Kalo gw sih percaya aja itu VoIP, soale emang bisa nelpun ke telpun rumah juga, ga cuma bertukar suara antar Y!M…. Menurut lo gmn


Kategori

%d blogger menyukai ini: