Oleh: manto | 2 Maret 2009

Mau Jadi Orang Pintar…?

Kita melihat realitas di masyarakat banyak orang yang pengin pintar, tapi tidak sanggup memenuhi syarat yang harus dipenuhi. Apa itu..? tentunya harus banyak belajar. Saya mau sedikit cerita, teringat ketika saya masih SD, ketika Pak Guru kasih pelajaran salah satunya matematika rasanya begitu suliiiiiit sekali,  apalagi pas SMP dan SLTA, walah yang namanya guru matematika, Fisika dan kimia rasa-rasanya ndak pernah sakit. Sampai-sampai mau putus asa rasanya ketika mengerjakan soal ndak bisa, rasanya sampai-sampai kepala ini mau pecah. Tapi ketika kita dirumah buka, kita pelajari kita fahami rumusnya terus kita terapkan lama-lama akhirnya bisa, ternyata kalo sudah bisa ketika ada soal yang sama rasanya sudah lihai untuk mengerjakanya dan begitu mudahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kalo kita mau pintar harus berani pusing terlebih dahulu, kalo ndak mau pusing dulu jangan harap kita jadi anak yang pintar. Saya contohkan lagi, ketika kita mencari alamat teman pada suatu daerah kita akan bingung terlebih dahulu, mana yang gangnya banyak, jalanya banyak belokan dan pertigaan sehingga kita dipusingkan untuk bertanya kesana-kesini, kalo ada HP kita telphon teman kita minta petunjuk, sampai akhirnya dapat ketemu dan kalo sudah ketemu rasanya bahagia banget, tapi kalo ndak rasanya kita dipusingkan dengan alamat tersebut.
Nah dengan suatu pelajaran disekolah atau tempat kuliah saya rasa sama, kalo ada soal jawaban belum ketemu rasanya kita dipusingkan dengan soal tersebut, tapi kalo sudah ketemu rasanya bahagia banget karena hasil jerih payah kita berusaha, tapi kalo nyontek yah namanya kan ndak pusing dulu tapi ketakutan jangan-jangan ketahuan pengawas terus ujian kita ndak dapat nilai.
Nah, itulah syaratnya orang mau pinter harus mau pusing ketika belajar, kalo tidak mau pusing terlebih dahulu maka jangan harap jadi orang pintar, kalo sekarang lagi pusing belajar, sabar aja yah….itu proses anda mau pintar.Tunggu aja hasilnya…

Kategori